Suluk Thariqah Asy-Syadzily

Suluk Thariqah Asy-Syadzily

Selasa, 23 November 2010

Doa Sirrul Jalil Asy-Syadzily

Berikut adalah tarjamah daripada Doa Sirrul Jalil Syaikh Maulana Ali Asy-Syadzily. Dari amalan doa berikut dimaksud untuk ikhtiar penjagaan diri serta perlindungan yang bersifat bathiniyah dari berbagai ancaman atau serangan musuh. Setidaknya, sebagai ikhtiar penjagaan diri dan keluarga kita, serta keamanan rumah tempat tinggal kita, dengan doa, tasbih dan dzikrullah.  .

Paling tidak, dahulu pada masa awal syiar Islam para Waliyullah, atau alim ulama dan musafir sufi yang melazimkan suluk Thariqah Asy-Syadziliyyah di berbagai wilayah negeri Semenanjung Malaka, atau mengiringi perjuangan Dakwah Islamiyah Dewan Mulia Wali Songo di tanah Jawa pada era Kasulthanan Demak Bintoro, pada masa pemerintahan Raden Patah. Sekitar rentang tahun 1400 akhir hingga sekitar tahun 1500 akhir.

Ada sebuah riwayat dalam Sirah Waliyul Tsaniy Al Jawi yang mengisahkan bahwa terdapat seorang musafir sufi yang bernama Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily dari negeri seberang, yang dikisahkan menjadi sahabat dekat dari Kanjeng Sunan Kali Jogo, Kanjeng Sunan Muria dan menjadi sahabat dekat dari Syaikh Maulana Abdul Jalil, atau Kanjeng Syaikh Lemah Abang. Dalam perjalanan pulang dari negeri Jedah dan Madinah, dikisahkan bahwa  Kanjeng Sunan Kali Jogo atau Syaikh Maulana Sahid Abdurrahman dengan menumpang sebuah kapal dagang milik saudagar dari negeri Persia berlabuh di  Bandar Pelabuhan Palembang. 

Dan di Bandar Pelabuhan Palembang itulah, Kanjeng Sunan Kali Jogo berkenalan dengan seorang musafir yang baru tiba perjalanannya dari negeri Baghdad, atau Iraq ini sebagai rangkaian pengembaraan suluk bathinnya. Musafir misterius tersebut kemudian saling berkenalan dengan Kanjeng Sunan Kali Jogo dengan menyebutkan nama Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily sebagai putera seorang Mufti dari Kasulthanan Langkat yang sedang pergi mengembara mencari saudara sepupunya yang bernama Syaikh Maulana Ali Asy-Syadzily di negeri Cirebon, Jawa. Dan Kanjeng Sunan Kali Jogo menyebutkan diri bernama Syaikh Malaya Jati dari negeri Demak di Jawa. 

Setelah berbincang-bincang, ternyata keduanya sama-sama merupakan santri suluk bathin dari Mursyid Suluk yang sama, yakni Syaikh Maulana Ahmad bin Hasan At-Tabrizy dari negeri Baghdad Iraq yang menetap di Pulau Upih, pulau kecil terpencil yang berada di Selat Malaka. Sehingga, keduanya menjadi kian akrab selayaknya sebagai saudara. Rupanya, Kanjeng Sunan kali Jogo sedang menyelesaikan sebuah karyanya yang bertajuk Suluk Dewa Ruci, sebgai rekaman perjalanan bathin pengembaraanya menunaikan ibadah Haji ke negeri Makkah Al Mukaramah, serta berziarah kehadapan Maqam Kanjeng Nabi Muhammad Rasulullah di Madinah Al Munawarah. Sementara, Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily juga sedang menyelesaikan karya suluknya yang bertajuk Kanzul Sirrul Jalil dengan menggunakan nama samaran Syaikh Maulana Abdul Jalil, atau lebih lazim dikenal sebagai Hang Sakran. 


Akhirnya, keduanya pergi bersama ke Cirebon dengan menumpang kapal dagang seorang saudagar muslim dari Palembang ke Bandar Pelabuhan Muara Jati. Dan dari Bandar Pelabuhan Muara Jati, keduanya  kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki untuk menemui Kanjeng Sunan Gunung Jati, atau Syaikh Maulana Madhkur Syarif Hidayatullah di Pesantren Gunung Sembung, Cirebon. Selama dalam perjalanan keduanya saling bertukar fikiran atau berittihad tentang ilmu pengetahuan tashawuf, serta saling bertukar pengalaman dan berbagai doa-doa khususnya. Beriqrar persaudaraan dengan kalimat syahadatain sebagai adab para pengembara suluk bathin yang lazhim dilakukan sebagai inisisiasi suluk tasawuf.

salah satunya adalah Doa Sirrul Jalil disampaikan oleh Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily kepada Kanjeng Sunan Kali Jogo, sementara Kanjeng Sunan Kali Jogo memberikan Doa sapu Jagad kepada sahabat perjalanannya itu. Setelah berjumpa dengan Kanjeng Sunan Gunung Jati yang berdudukan pula sebagai Sulthanul Auliya wal Quthubul Waliy, bahkan Imam Thareqah Asy-Syadziliyyah selain pula menjadi Imam Ghaust Thariqah Qadiriyyah, Imam Thariqah Naqsabandiyyah, Imam Thariqah  Syatariyyah serta Imam Thariqah Kubrawiyyah. Kanjeng Sunan Gunung Jati kemudian meminta Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily menemani perjalanan pulang Kanjeng Sunan Kali Jogo ke Demak Bintoro. 

Singkat cerita, Kanjeng Sunan Kali Jogo memboyong Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily untuk ikut bersamanya kembali ke Kadilangu, Demak dan dipertemukan dengan putranya, yakni Kanjeng Sunan Muria, atau Syaikh Maulana Umar Sa'id di Pegunungan Muria arga Jembangan. Hingga akhirnya, Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily menjadi penasehat spitritual pribadi Kanjeng Sunan  Muria dan bermukim di tenag hutan rimba disebelah utara Gunung Muria yang bernama Alas Rahtawu. Itulah awal munculnya legenda tentang Pertapan Mbah Hasan Sadzali yang dikenal masyarakat Kudus dan Demak hingga kini. 

Dalam blog ini pula, kebetulan pada saat jelang  acara Haul Kanjeng Sunan Kali Jogo di Kadilangu Demak pada tahun 1999 silam, saya pernah bermudzakarah dalam suluk bersama Mursyid Halaqah-11 Makhtab Kanjeng Sunan Giri Prapen Wali Songo Al Jawi, yakni KH. Muhammad Hartaya Ainul Yaqin dari Ponpes Sunan Giri Prapen Temanggung, Jawa Tengah. Terlampir pula beberapa foto petilasan dari keberadaan Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily, serta sanad silsilahnya hingga bertaut pada hadrat Syaikh Maulana Abu Hasan Ali Asy-Syadzily dan bersambung hingga Bani Asyaraf Hasani. Semoga kebenaran tidak akan terkubur zaman!

Untuk tautan risalah, sejarah hikayat, karya sastra, atau suluk mudzakarah mengenai kisah Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily, Insya Allah akan saya sajikan pada lain kesempatan. Bagi Pembaca mulia yang mempunyai dukungan informasi atau data terkait dengan suluk Wali Songo, monggo dipersilahkan share bersama di blog ini, terima-kasih sebelumnya.     

Hingga pada zaman penyerangan Sulthan Agung Hanyakrakusuma dari Kasulthanan Islam Mataram [Yogyakarta] dengan segenap laskarnya ke Benteng VOC di Batavia dibawah kekuasaan Gubernur Jenderal Jan Pieterzoon Coen. Sekitar rentang pertengahan tahun 1600  hingga awal tahun 1700 akhir. Dalam suatu perjalanan mudzakarah di Halaqah-15 Mudzakarah wali Songo Al Jawi di Yogyakarta, saya memperoleh informasi bahwa  Kanjeng Sulthan Agung hanyakrakusumo juga mengamalkan ilmu Hizib Syadzily dengan gelar ijazah kauniyahnya, yakni Syaikh Maulana Muhammad Qawiyyatul Kubra Al Matarami Al Jawi. 

Hal tersebut sebagai sarana bathiniyah untuk berjuang menegakkan Panji Islam serta persatuan kerajaan-kerajaan di tanah Jawa, khususnya dalam rangka menyatukan kekuatan pribumi melawan pendudukan pemerintahan VOC Hindhia Belanda yang berpusat di Kastil De Batavia, atau Benteng Sunda Kelapa kini di  wilayah Kota Tua, Jakarta Utara.    

Dan juga beberapa bangsawan ningrat Kraton Mataram banyak yang mengamalkan suluk Thariqah Asy-Syadziliyah dari sanad wasilah Kanjeng Sunan Kali Jogo kepada Sulthan Pajang Hadi Wijaya, Ki Gedhe Mataram, Ki Ageng Giring, Ki Penjawi, Ki Juru Martani, dan Kanjeng Panembahan Senopati. Beberapa ilmu Hizib Syadziliyyah diamalkan sebagai upaya penjagaan dan perlindungan bagi diri maupun wilayah Mataram pada masa tersebut. 

Atau era perlawanan Laskar Fisabilillah dibawah kepimpinan Kanjeng Pangeran Diponegoro dalam Perang Sabilillah melawan Kolonialis VOC pemerintahan Hindhia Belanda di Bumi Mataram, bahkan terus meluas menjadi Parang Jawa hingga ke berbagai wilayah di Jawa Timur dan Jawa Barat. Terjadi pada rentang tahun 1825 sampai dengan tahun 1840 an. kanjeng Gusti Pangeran Anta Wirya atau lebih dikenal kemudian sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Diponegoro juga mengamalkan beberapa ilmu Hizib dalam perjuangannya, bahkan beliau memperoleh ijazah suluk bathinnya dengan gelar Syaikh Maulana Abdul Hamid Al Matarami.

Dan beberapa Alim Ulama dari keluarga besar Nahdhliyin Nahdhlatul Ulama juga menggunakan berbagai ilmu Hizib, Aurad, atau doa rahasia guna perlindungan diri, keluarga, atau melindungi keselamatan ummat.

Berikut adalah adab doa Sirrul Jalil Asy-Syadzily sebagaimana amalan dari Syaikh Maulana Hasan Asy-Syadzily yang berpusara di Pertapan Alas Rahtawu Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah, antara lain :
Pertama-tama dengan mengucap kalimat Bismillah dilanjutkan dengan membaca iqrar  kalimat Syahadatain :

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

Asyhaduan laa ilaha ilallaahu 
wa asyhadu ana Muhammadur Rasulullaah
Shallallaahu 'alaihi wasallaam.. 

Kedua dengan membaca kalimat Tasbihan, sebanyak mungkin dan seikhlas mungkin dalam mensucikan Asma Allahu Azza wa Jalla : 

Hasbunallaah wa ni'mal wakiil

Ketiga dilanjutkan dengan membaca Doa Sirrul Jalil berikut :
Allaahumma 
Inii as-aluka bis sirridz-dzaati 
Wa bi dzaatis-sirrii
Huwa Anta 
Wa Anta huwa
 Laa ilaaha illaa Anta

Ihtajabtu bi Nurillaahi
Wa bi nuuri 'Arsyillaahi
Wa bi kullismin Huwa lillaahi
Min 'aduwwiy wa 'Aduwwillaahi
Wa min syarri kulli Khalqillaahi

Bi mi'ati alfi laa hawla wa laa quwwata illa billaahi
Khatamtu 'alaa nafsiy 
wa diiniy 
wa ahliy 
wa waladiy 
wa jamii'i maa a'thaaniy Rabbiy

Bi khataamillaahil qudduusil manii'il ladzii khatama bihii 
'alaa aqthaaris samaawaati wal 'ardhli

Hasbunalllaahu wa ni'mal wakiil
Wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi 'aliyyil 'adzhiim

Wa shallallaahu 'alaa Sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallama

Ya Allah..
Sesungguhnya aku memohon kepadaMu
Dengan Rahasia Dzat dan Dzat Rahasia
Yang Dia itu adalah Engkau
Dan engkau adalah Dia
Tiada tuhan selain Engkau

Aku melindungi diriku dengan Cahaya Allah
Dengan Cahaya Arasy Allah
Dengan setiap Nama Milik Allah
Dari musuhku dan musuh Allah
Dan dari setiap kejahatan makhluk Allah

Dengan berjuta-juta 
Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah
Tiada daya upaya dan tiada daya kekuatan apapun 
yang mampu menandingi kekuatan milik Allah

Aku segel perlindungan diriku dan agamaku
dan keluargaku dan anak-anakku
serta seluruh apa-apa yang telah diberikan Tuhanku kepadaku
dengan segel perlindungan Allah yang Maha Suci lagi Maha Kokoh
yang digunakan untuk memberi cap segel seluruh penjuru langit dan bumi

Kiranya cukuplah bagiku Allah sebagai sebaik-baik wakil
Dan tiada daya upaya dan tiada kekuatan apapun 
yang mampu menandingi kekuatan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung

Dan shalawat Allah serta salam 
Kepada Pemimpin kami Muhammad
Dan kepada seluruh keluarganya
Dan para sahabatnya

Dalam perkembangannya, Doa Sirrul Jalil Asy-Syadzily ini kemudian meluas menjadi referensi doa-doa harian yang lazim di amalkan oleh masyarakat Muslim, khususnya dari golongan Ahlus Sunnah wal Jama'ah, atau para Sufi pencinta suluk Wali Songo. Semoga berbagai tradisi serta warisan luhur Wali Songo atau para Alim Ulama pendahulu kita tiada pupus terabaikan peradaban dan zaman, khususnya dalam satu tujuan menjaga kehormatan Ukhuwah Islamiyah dan aqidah Dinul Islam sepanjang zaman. Semoga Gusti Allahu Azza wa Jalla lindungi kita dari perpecahan dan fitnah, dan semoga Islam menjadi wasilah persaudaraan bathin kita bersama. 

Demikian sekilas riwayat tentang bagaimana sanad Doa Sirrul Jalil dari Syaikh Maulana Abdul Jalil dilazimkan di tanah Jawa pada kurun waktu sekitar pertengahan tahun 1500 an, atau masa pemerintahan Raden Patah di Kasulthanan Demak Bintoro. 

Semoga bermanfaat, terima-kasih.

*Bani Maulana Al Daly Asy-Syadzily Al Jawi, Ismu Dzulkaidah 2010.



 



 


11 komentar:

  1. terima kasih atas postingan guru rabithah syaikh pulau sembilan semoga bermanfaat buat saya n dulur2 semua. ijin share n mengamalkan doanya. qobiltu ijazataka.. alfatikah..

    BalasHapus
  2. syukron kepada guru rabithah, insya Allah bermanfaat. mohon ijin untuk mengamalkannya, qobiltu ijazataka...

    BalasHapus
  3. TERIMA KASIH MOHON IZIN MENGAMALKANNYA

    BalasHapus
  4. Nama Lengkap : Hendra Agnes
    Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 28 Agustus 1984
    Usia : 33 Tahun
    Status Nikah : Sudah Menikah
    Status Gender : Laki-laki
    Status Pekerjaan : Guru Bahasa ‘Arob dan Tafsiir Qur’an Hadiits
    Email : hendraagnes28@gmail.com
    Facebook : https://www.facebook.com/Hendraagnes28
    Agama : Islam ( NU )
    Nama Ayah Kandung : Bapak Mochammad Djainuri
    Agama : Islam ( NU )
    Nama Ibu Kandung : Ibu Yunani
    Agama : Islam ( NU )
    Alamat Lengkap : Jalan Joyoboyo, Loceret Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur – Indonesia
    ------------------------------------------------
    A’uudzubillaahi minasy-Syaithoonir-Rojiim. Bismillaahir-Rohhmaanir-Rohhiim. WA’ALAIKUMUS-SALAAMU wa rohhmatulloohi wa barokaatuHu. Asyhadu an Laa iLaaha iLLaLLoohu wahhdahu Laa syariika Lahu , wa asyhadu anna Muhhammadar-RosuuLuLLoohi SAW . Salam ta’dziim. Salam silaturrohmi. Semoga salam dan rahmat dan hidayah dan kesehatan ( termasuk panjang usia ) , dan rezeki yang penuh berkah melimpah serta kekuatan dari Allooh SWT selalu terlimpahkan kepada Para Guru dari Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY., dan khsususnya kepada Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY sebagai Pengijaazah KITAAB AS-SIRRUL-JALIIL , DAN DO’A NYA AS-SIRRUL-JALIIL melalui situs web : https://rabithahsyaikhpulausembilan.blogspot.com/2010/11/doa-sirrul-jalil-asy-syadzily.html?m=1 . Aamiin Alloohumma Aamiin. ( QOBILTU, QOBILTU, QOBILTU ) Saya TERIMA ijaazah yang penuh berkah dengan lengkap dan sempurna tersebut tentang pentingnya KITAAB AS-SIRRUL-JALIIL , DAN DO’A NYA AS-SIRRUL-JALIIL tersebut dari Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY . Dan saya mohon izin untuk mengamalkannya lillaahi Ta’aalaa. Dan saya mohon do’a restu kepada Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY supaya saya berhasil dalam mengamalkan seluruh isi KITAAB AS-SIRRUL-JALIIL , DAN DO’A NYA AS-SIRRUL-JALIIL tersebut demi meningkatkan ibadah hanya kepada Allooh SWT secara ikhlas. Aamiin Alloohumma Aamiin. Saya berjanji akan menjaga nama baik dan rahasia seluruh isi KITAAB AS-SIRRUL-JALIIL , DAN DO’A NYA AS-SIRRUL-JALIIL itu dengan sebaik-baiknya di jalan ALLOOH SWT . Dan saya berjanji demi ALLOOH bahwa saya TIDAK ingin menyalahgunakan isi dari amalan KITAAB AS-SIRRUL-JALIIL , DAN DO’A NYA AS-SIRRUL-JALIIL ini. Dan Saya selalu mengucapkan Terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY atas Ijazah yang penuh berkah itu. Dan saya berjanji akan selalu ingin mengirim hadiah Q.S. Al-Faatihah kepada Para Guru dari Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY dan kepada Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY khususnya ; beserta kedua Orang Tua Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY serta kepada para keluarga Bapak Ustaadz ISMU IBNU BUYUNG DALY juga setiap hari bibarokatiL-Faatihah.

    BalasHapus
  5. Assalamu allaikum wa rahmatullaahi wa barakatu. Subhanallaah walhamdulillaah wa barakatullaah allaina ajmain. Segala puja dan puji hanya Milik Gusti Allah Azza wa Jalla Jalaluh, dan limpahan Shalawat beserta salam rindu kepada Kanjeng Sayyidina wa Maulana Musthafa Muhammad Rasulullah Shallallaahu allaihi wassalam semoga senantiasa menjadi wasilah benderangnya cahaya keimanan seluruh Saudara Muslimin di segala penjuru dunia. Teriring doa dan salam takzhim Ismu Ahli Maksiat yang butuh wasilah berkah doa dan tuntuna semua Saudara Tercinta, dengan hormat Ismu Pendosa ini menghaturkan rasa takhzim dan terima kasih telah berkenan membaca blog ini,yang mohon maaf sudah lama tidak aktif,semoga menjadi wasilah terikat eratnya wasilah doa dan silaturrahim persaudaraan bathin kita bersama di dunia dan akhirat. Allahumma aamiina insyaa Allah, Ijabah Yaa Rabbul Maula Islamiyyah ila Yaumil Qiyamah. Teriring doa untuk Saudara Tercinta:(1)Kangmas Ustadz Firin Shinobi tercinta,(2)Ayahanda Ustadz Dwirahman Collection tercinta,(3)Ayahanda Ustadz Gurutta Andi Udie tercinta,(4)Kangmas Gus Ustadz Hendra Agnes tercinta di Nganjuk, Jawa Timur Rahmatullah allaikum ajmain bi Syafaat Rasulullaah wa bi hikmah Al Quranil Kariim ila Yaumiddin. Subhanallaah,bi Idznillaah wa bi haqq Rasulullah wa bi haqq Al Quranil Qadim, semoga Gusti Allahu Azza wa Jalla Jalaluh Ridha membukakan wasilah hikmah risalah Aurad wa Dua Sirrul Jaliil Syaikh Maulana Hasan Ali Abdul Jalil Maula Islamiyyah fi Jawi sebagai wasilah ukhuwwah Islamiyyah, ukhuwwah wathoniyyah, ukhuwwah bashariyyah, dan ukhuwwah thariqatiyyah kita bersama di dunia dan akhirat semata berharap diperjumpakan dengan hadrat Rasulullah,Sayyidina Muhammad Shallallahu allaihi wassalam beserta ruh para Malaikatullah wa ruh Anbiya wal Mursalin wa ruh waliyullah wa ruhul quddus secara lahiriyyah, bathiniyyah,ruhaniyyah, dan mahabbah. Terima kasih,bi Ridhallaah wa ridha walaidaina ajmain wa ridha mursyiduna mahbub, Yaa Allaahu Yaa Syahiid, bi haqq Sayyidina Muhammad wal Quranil hakim isyhadlana bi ahlul haqiqat makrifatiyyah bi haqqul iiman kaffah bi wasilatan min hadha dua sirrul jaliil min syaikhuna maulana hasan ali abdul jalil bi Ismuka Yaa Allah. Qobiltu iftahlana fi maa rabithuna wa tawasulana alla asrar kalam min Kanz Sirrul Jaliil..Assalamu allaika wassalamu allaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Qabiltuna bi iqarar syahadatain wa tasydiquna bil bathiin, Subhanaka Anta Yaa Allah Yaa Jaliil. Mohon maaf lahir bathin atas segala khilaf dalam ucapan, atas segala khalaf dalam perbuatan, dan atas segala keterbatasan dalam bersilaturahim dengan semua Guru, Mursyid, Saudara Tercinta. Jarak kita hanya doa di setiap mushaf Al Quran terdarasy, Barakatullah allaikum Saudara Tercinta. Wassalamu allaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Salam tazkhim dan rindu ngopi bareng dari Ismu Daly Ahli Maksiat. (admin)

    BalasHapus
  6. Alfatihah.. Qobiltu ijazatuka.. Syukron

    BalasHapus
  7. Qobiltu...Ijazah....Bi idznillah wa bihaqqi Rosuulillahi Shollallohu alaihi wassallam...Alhamdulillah...terima kasih...

    BalasHapus
  8. Qobiltu ... Mohon ijin menyalin dan menghafal seta Mengamalkanya,Barokalloh ... Salam takdhim buat semua yg ada ada di blog ini,semoga senantiasa di Rahmati Gusti Alloh SWT, Aaammminnn

    BalasHapus

  9. Assalamu'alaikum wrwb. Semoga Allah swt melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua. Mohon izin berkaitan dengan judul Blog ini tercantum nama Pulau Sembilan ( Pkl Susu Langkat ) , saya ingin bertanya : Apakah ada khalifah/murid Maulana syekh Daly iman di Pulau Sembilan atau adakah zuriat beliau di P.Sembilan sampai sekarang.

    BalasHapus